Social Icons

Tuesday, December 4, 2018

Gaya Belajar Kakak (4) : Eksperimen Tomat Ceri


Waktu dikasih pilihan mau belajar apa, antara membaca, matematika (lagi) atau eksperimen sains, kakak memilih eksperimen sains. 

Dan kami membuka koleksi buku sains dirak buku. Disepakatilah kita akan mencoba menebak kekentalan larutan dengan tomat ceri. 

Buku Confidence In Science 



Alat & bahan yang disiapkan
• jar kaca 3 pcs
• sendok untuk mengaduk
• gula sesuai kebutuhan 
• air sesuai kebutuhan 
• tomat ceri 3 buah 


Kakak rupanya sudah cukup tau tentang step-step yang harus dilakukan.


Semua proses kakak yang melakukan. Saya membantu sesekali dan menjelaskan sedikit. 
1. Menata gelas
2. Menuang gula sendok jar 1 : 2sendok, jar 2 : 3 sendok dan jar 3 : 4 sendok
3. Menuang air pake gelas takar ke 3 jar
4. Mengaduk gula biar larut

Waktu mengaduk sempat protes, karena kook lama larutnya. Wkwkwk 😂

Setelah larut masukkan tomat cerinya dan kita amati. Apa bener sesuai dengan yang dibuku. 


Dan taraaa... Bingung kaaan??  Mana yang larutannya paling kental? Karena kalau dibuku,  tomat ceri akan mengapung lebih tinggi di larutan yang paling kental. Wkwkwk kalau begini kan tampak susah ngamatinnya. 😁 Ini sih mungkin karena porsi gula cuma beda 1 sendok, jadi ga kelihatan banget perbedaan kekentalannya. 

Akhirnya masing-masing jar ditambah 1 sendok lagi. Tetep sih masih beda tipis tingginya...hahaha ga keliatan jelas seperti dibuku. 

Btw, susunan jar nya sebelum diamati ngacak 😆 mana yang 3 sendok,  mana yang 4 sendok itu kita ga tau. Hahaha karena sudah di pindah pindah sama kakak. Beneran deh kudu ngamatin dengan jeli untuk menentukan mana yang jar yang paling kental dan yang sedikit kental. 

Karena ragu dengan hasil pengamatan yang beda tipis, akhirnya kami cicipi. Hahaha yang manis banget berarti itu yang 5 sdm dan paling kental. 


Setelah itu, dijejerin sesuai urutan yang manis aja (3sdm), manis banget (4 sdm) dan manis bangeeet (5 sdm). Dan diamati, ternyata memang tomat cerinya mengapung sesuai kadar kekentalan larutan gulanya. Yang paling manis aka kental tomat cerinya paling tinggi (walaupun bedanya tipis).  😂

Dari eksperimen ini kakak sangat bersemangat saat mulai menuang, mengaduk dan memindah-mindahkan jarnya (kinestetik). Tapi agak kurang antusias saat mengamati tomat ceri dalam larutannya (visual). Saat saya ajak dia duduk jongkok, sambil ngamatin, dia iyaya aja. Tapi entah fokusnya kemana. Wkwkwk dan saat saya ulangi lagi minta ngamatin malah bilang "Ummi saja yang lihatin." 😆 
Dan dia ternyata masih mengingat informasi dari buku CIS ini yang tentang larutan, saat dia membacanya pake epen beberapa waktu lalu (auditoy). Ga perlu saya ulangi penjelasan, dia sudah tau. Malah pas saya tanya, kenapa gula larut dalam air, diapun menjelaskan seperti yang ada dibukunya. 


2 comments:

  1. Supaya keliatan bedanya, besok2 klo nyobain percobaan ini lagi, saran saya pake 1 botol kontrol mba (isi pake air tanpa tambahan apapun)
    ;)

    Btw seru yaa. Anaknya belajar, emaknya icip2 larutan. Hhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu botol lagi isinya jangan cuma air gula mba, tambahin teh dan es :D

      kaka fatih hebaaaaat, MasyaAllah..

      Delete