Social Icons

Thursday, December 6, 2018

Gaya Belajar Kakak (5) : Mencari Harta Kata

Mencari Harta Kata 

Kakak dan mba lagi demen bongkar buku dari rak dan disusun jadi rumah. Alhamdulillah bukunya boardbook, jadi aman buat dimainkan mereka. 



Nah diantara buku yang berserakan ini, saya ajak kakak sekalian untuk bermain mencari harta kata. Iya mencari kata-kata yang dibuku dan menuliskannya. 

Sebelumnya, kami menonton video tentang phonic song dibawah ini. 



Saat menonton video itu kakak sambil menirukan menyanyikannya. 

Nah untuk menambah jam terbang kakak, eh maksudnya menambah pemahaman kakak (sebenarnya dia sudah tahu, tapi kadang masih agak bingung menemukannya dalam bentuk teks), maka dimulailah pencarian kata ini. 

Aturan mainnya, cari 5 kata yang berawalan huruf A dan tuliskan. Kalau sudah, cari 5 kata yang berawalan huruf B dan tuliskan. Terus cari 5 kata yang berawalan huruf C dan tuliskan. 

Kakak antusias donk, karena dia bisa mengobrak-obrak buku dan membolak balik. Hahaha heboh banget saat menemukan kata yang dicari.  Kata pertama dia dapat dari buku Nabiku Idolaku Balita, *Ayahanda*. Dan langsung dituliskan di papan. 

Selanjutnya ketemu Assalamualaikum di buku Seri Teladan Rasulullah dan lanjut sampai kata ke 5.

1. Ayahanda di buku Nabiku Idolaku Balita
2. Assalamualaikum di buku Seri Teladan Rasulullah
3. Aku di buku Halo Balita
4. Anak-anak di buku Halo Balita dongeng 
5. Allah di buku Little Abid

5 kata berawalan huruf A ditemukan di 5 buku yang berbeda. 

Nah saat menuliskannya ini agak sedikit tantangan buatnya. Dia yang agak kurang bisa diem, diminta menulis ya sudah pasti lamaa... Hahaha karena 1 huruf jumpalitan sambil mulutnya ngomong aapa aja ga ada habisnya. 

Sambil nulis pun dia tetep aja ngomong "bener gini kan mi huruf a kecilnya?  Kalau ditarik garis lurus kebawah jadi p kan? "
"bukan p kaak, tapi q.  Kalo p kebalikannya" jawab saya.

Iya, dia kalau melihat p dan q, b dan d, atau n dan u kadang masih suka kebalik balik. 

Tantangan lain saat menuliskannya adalah dia kurang bisa konsentrasi saat memandangi huruf-huruf di buku untuk kemudian ditulis.  Dia perlu menyuarakan kata-katanya. Maka sayapun membantu nya dengan mengucapkan (menyuarakan) kata-kata yang ditemukan.
Dengan begitu tanpa melihat teks,  dia bisa menuliskan satupersatu kata yang ditemukan.

Namun beberapa kali saya tes untuk tetap melihat bukunya saat menuliskan kata-katanya.

Proses menemukan 5 kata berawalan huruf B tidak jauh berbeda. Dengan buku yang sama dia berhasil menemukan 5 kata ini dalam waktu cukup singkat. 

1. Banyak di buku Nabiku Idolaku Balita
2. Bibi di buku Halo Balita 
3. Balas di buku Seri Teladan Rasulullah
4. Bapak di buku dongeng Halo Balita 
5. Buku di buku Little Abid


Saat proses menemukan dan menuliskan kata demi kata ini kakak sudah bisa mengikuti perintah tanpa kesulitan.  Saat mencari kata dibuku, dia agak kurang teliti, jadi beberapa kata ditemukan setelah beberapa kali bolak balik halaman bukunya. 
Saat menuliskannya dia pun bisa, walaupun masih butuh panduan dan contoh bentuk huruf dan diselingi beragam tingkah dan ocehannya. 

Rencana awal 15 kata, A B C dengan masing-masing 5 kata. Namun ternyataa, baru sampai huruf B, adik bayi sudah ga kondusif. Akhirnya kakak mengalah menyudahi proses pencariannya dan dapat bonus kejutan screentime setelah berjuang menemukan harta kata.

Dalam aktivitas mencari harta kata ini semya gaya ada, namun yang menonjol adalah kinestetik dan auditory. Visual ada, namun sedikit. 

Pengamatan Hari ke5

No comments:

Post a Comment