Social Icons

Monday, June 12, 2023

Tidak Apa-apa Tidak Tahu Apa-apa

"Hal yang menakutkan itu bukan menghadapi apa yang tidak kamu ketahui sama sekali, tapi saat ada kesombongan atas hal yang sebenarnya belum tahu, namun kamu merasa paling tahu" 
Mark Twain

Pesan untuk Anak-Anakku

  • Nak, tidak apa-apa saat kamu tidak tahu, saat kamu tidak bisa, kamu bisa belajar. Itu bukan hal yang menakutkan.
  • Tidak apa-apa, ketika saat ini kamu pusing belajar matematika, kamu sulit memahami suatu rumus atau bahkan tidak bisa mengerjakan soal, kamu bisa mempelajarinya perlahan. Tidak perlu berlari apalagi berkompetisi, karena masing-masing punya garis start yang berbeda. Masing-masing punya cara yang berbeda.
  • Burung berkaki pendek tidak akan bisa menyamai langkah kaki burung bangau. Namun burung itu bisa mencapai ditujuan yang sama dengan burung bangau, meskipun di waktu dan dengan cara yang berbeda.
  • Begitu juga kamu, jika saat ini merasa tertinggal, belum bisa menyamakan langkah dengan temanmu, tidak apa-apa. Yang penting kamu mau berusaha, kamu mau mencari jalan dengan caramu dan versimu sendiri.
  • Proses belajar, proses kamu mencari tahu cara, mencari jalan akan membawamu pada satu pemikiran. Bahwa berawal dari tidak tahu, tidak bisa dan tertinggal, kamu jadi belajar banyak hal. Yang mungkin tidak dipelajari oleh teman yang sudah mendahuluimu sampai tujuan.
  • Dari ketidaktahuan akan menjadikanmu haus akan ilmu, penasaran akan hal-hal baru, memacu adrenalinmu untuk berusaha keras mencapai tujuanmu.
  • Tetap positif thinking, positif feeling akan semua hal yang kamu hadapi. Karena Allah tidak akan membiarkanmu sendiri, Allah akan selalu ada di hati orang-orang yang beriman dan yakin akan kuasaNya.




No comments:

Post a Comment