Ga sengaja tadi siang kita main flashcard.
Karena dia ga berangkat ke sekolah, jadi seperti biasa dirumah sibuk main aja. Dan pas adek bobo, lihat flash card tergeletak di karpet. Hayuklah kita main sambil belajar. 😄
Bermain find me, mencari kata sambil belajar mengeja kata. Tekhnisnya saya memberikan kata dengan 4 huruf (sesuai flash cardnya) hehe. Nanti saya sebutkan dan kakak mencari dan menyusun huruf di tempatnya biar membentuk kata yang saya sebutkan.
Dimulai dari awalan huruf 'b'. Saya mengucap kata b-a-c-a.
"Ayo coba kaak, hurufnya apa aja b-a-c-a. Biar bunyi b-a, setelah 'b' huruf apa?"
"A!" Teriaknya kenceng sambil nunjuk huruf.
Masih mudah bagi dia, karena jelas b-a. 😄
"Terus apa lagi, b-a-c-a, b sudah a sudah tersus c-a. Ca ca" saya memberi penekanan pada huruf c berulang ulang, sambil memberikan waktu dia mikir.
Dia mengeja, "b a... c, huruf c mi!"
"Sip kak, betul. Cari huruf c. Dan lanjut yang terakhir. Biar bunyi ca, c nya sama huruf apa?"
"A!" Dan dia pun menunjuk.
"Yes! Kakak Berhasil! Ini bunyinya "baca", hurufnya b a c a."
Terang saya sambil menunjuk susunan huruf yang sudah dia susun di flashcardnya.
Diapun tersenyum.
Berhubung ini flashcard import, harusnya belajarnya dengan melihat gambar yang ada di sebelah kiri. Tadi saya awali dengan kata bahasa indonesia yang mudah. Mau lanjut lagi kata lain, si kakak melihat gambar beruang.
"Ini mi, beruang. Hurufnya apa aja kalo bikin beruang".
"Oh, beruang bahasa inggrisnya bear. Yuk kita cari huruf apa aja."
Nah ini lumayan susah, karena kan bahasa inggris antara pengucapan dan tulisan beda. Sedangkan si kakak ini lebih cepat menangkap kalo melalui apa yang di dengar.
"B-e-a-r. Setelah huruf b, berarti huruf apa kak? Ayo cari."
Saya pertegas lagi bunyinya sambil mengeja B-e-a-r.
Dia mikir, "apa ya mi?"
"Coba lihat ummi, b-e-a-r. Biar bunyi be, berarti setelah huruf b ini huruf apa? "Be, be, be" saya ulang-ulang. Dan si kakak menyimak mulut saya sambil mikir.
"E bukan mi?" Jawabnya ragu 😆
"Iyes, betul. Habis huruf b huruf e. Sekarang dicari huruf e nya ya"
Sampai huruf terakhir dia pun bisa mencarinya.
![]() |
Sibuk mencari huruf r. |
Lanjut beberapa kata lagi setelah itu
C-i-c-i, d-a-r-i dan berakhir dengan kata e-l-ok, yang dia kesusahan di huruf terakhir. Hehe
Ya mengajari kakak mengeja itu saya yang harus lebih cerewet. Bukan cerewet 'ngomel', tapi cerewet mengulang ngulang katanya, menegaskan per ejaan, dan memberi semangat.
Karena dia lebih cepat dengan seperti itu.
"Ayo kak, pasti bisa. Coba dengerin... ci ci. Ci ci. Huruf c sama huruf apa biar bunyi ci. "
"Kalo dari. Da da da. Huruf d sama huruf apa? Da da."
Begitu seterusnya 😆 sampai haus emaknya. Wkwkwk
Flashcard ini sudah ada dirumah dari tahun lalu, tapi dipakainya kadang-kadang sesuai mood anak. Karena saya ga memaksakan dia harus segera bisa baca dan mengeja kata. Saya sediakan aja medianya, belajarnya suka suka aja dan sesuai keinginan anak. Kalau anak minta tentu mengajarinya lebih mudah bukan? Daripada kita yang memaksanya.
.
.
.
.
.
#tantangan10hari
#level4
#day3
#gayabelajaranak
#kuliahbunsayiip
Tidak ada komentar:
Posting Komentar